Mengenal Internet

Internet adalah jaringan global dari miliaran komputer dan perangkat elektronik lainnya. Dengan internet, memungkinkan kita bisa mengakses hampir semua informasi yang tersedia, berkomunikasi dengan siapa pun di dunia, dan melakukan lebih banyak lagi. 

Seperti saat ini, Anda dapat melakukannya dengan menghubungkan Komputer (Laptop) atau Smarphone ke Internet, yang juga disebut dengan istilah online. Ketika seseorang mengatakan Komputer sedang ONLINE, itu hanya cara lain untuk mengatakan bahwa itu terhubung ke Internet. 


Mengenal WEB

World Wide Web biasanya disebut Web adalah kumpulan berbagai situs web yang dapat Anda akses melalui Internet. Situs web terdiri dari teks, gambar, dan sumber daya lain yang terkait. Situs web dapat menyerupai bentuk media lain seperti artikel koran atau program televisi atau bisa interaktif dengan cara yang unik untuk komputer.

Tujuan situs web dapat berupa apa saja: platform berita, iklan, perpustakaan online, forum untuk berbagi gambar, atau situs pendidikan dan lainnya.


Bagaimana Internet Bekerja

Pada titik ini Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara kerja Internet? Jawaban yang tepat cukup rumit dan akan membutuhkan waktu untuk dijelaskan. Sebaliknya, mari kita lihat beberapa hal terpenting yang harus Anda ketahui:
  • Sangat penting untuk menyadari bahwa Internet adalah jaringan global kabel fisik, yang dapat mencakup kabel telepon tembaga, kabel TV, dan kabel serat optik. Bahkan koneksi nirkabel seperti Wi-Fi dan 3G / 4G mengandalkan kabel fisik ini untuk mengakses Internet.
  • Ketika Anda mengunjungi situs web, komputer atau smartphone Anda mengirim permintaan melalui kabel ini ke server. Server adalah tempat situs web disimpan, dan bekerja sangat mirip dengan hard drive komputer Anda. Setelah permintaan tiba, server mengambil situs web dan mengirim kembali data yang benar ke komputer atau smartphone Anda. Apa yang luar biasa adalah bahwa ini semua terjadi hanya dalam beberapa detik!

Secara umum Internet digunakan untuk berkomunikasi, membeli dan menjual (e-commerce) dan untuk mencari informasi.







Internet untuk berkomunikasi.

Untuk melakukan komunikasi melalui internet alat komunikasi yang kita gunakan yang paling umum adalah Electronic Mail atau E-Mail.

E-Mail menjadi alat pengenal kita dalam berkomunikasi Internet, maka diperlukan perhatian khusus untuk E-Mail ini misalnya dengan selalu mengganti password 2 (dua) minggu sekali atau menggunakan cara 2 (dua) langkah untuk mengamankan E-Mail.


Internet untuk membeli dan menjual (e-Commerce).

Dengan terus bertambahnya pengguna Internet pada akhirnya Internet bisa digunakan untuk melakukan pembelian dan penjualan produk dan jasa (buat toko online gratis), dan menciptakan jenis pasar baru yang bisa diakses secara bersama dan bertransaksi pada saat bersamaan (realtime).

Salah satu bentuk e-Commerce sederhana adalah membuat Blog. Blog selain digunakan untuk menulis informasi tetapi juga bisa digunakan sebagai alat untuk menjual produk atau saja (membuat blog untuk bisnis).


Internet untuk mencari informasi.

Karena internet merupakan kumpulan e-Commerce salah satunya adalah dalam berbagai bentuk produk informasi, maka informasi di internet menjadi terkumpul dari berbagai jenis data dan menjadi informasi dengan data besar (Big Data) atau data dengan jumlah sangat banyak.

Untuk menemukan informasi di Internet, yang kita lakukan adalah dengan menjalankan browser atau search engine (Mesin Pencari) di Laptop atau Smartphone dan menuliskan kata yang akan kita cari, tunggu beberapa saat dan dalam hitungan detik data yang kita cari akan ditampilkan bersamaan dengan data yang mendekati kata yang kita tuliskan dan akan ditampilkan sebanyak mungkin sesuai dengan data yang ada di internet.





Lanjutkan dengan mengenal aplikasi BLOG