Mengenal Aplikasi Blog


Blog (pemendekan "weblog") adalah jurnal online atau situs web informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan posting terbaru muncul pertama. Ini adalah platform di mana seorang penulis atau bahkan sekelompok penulis berbagi pandangan mereka tentang subjek individu.

Blog juga diartikan jenis situs web yang menyerupai tulisan-tulisan pada halaman web, biasanya disusun diurutkan secara kronologis (waktu kejadian) mulai dari postingan yang terbaru berada di bagian atas halaman utama (halaman depan / homepage) diikuti postingan paling lama dibawahnya. Blog adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah WeBlog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diperbarui secara kontinyu dan berisi link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Secara garis besar, WeBlog dapat dirangkum sebagai kumpulan tulisan pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan tautan internet, dokumen-dokumen seperti word, excel, PDF, gambar ataupun multimedia lainnya. 

Para penulis blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai dan apa yang sering ditulis, apa tanggapan terhadap tautan yang dipilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal tapi tak jaring bagi beberapa orang blog dijadikan sebagai sarana penghasil pundi-pundi rupiah. Banyak Blogger tanah air yang berhasil meraup keuntungan dari kegiatan menulis blog tersebut.

APA YANG HARUS DITULIS DALAM BLOG ?

Pertanyaan tersebut sering muncul dari Blogger pemula yang ingin memulai membuat sebuah blog. Lalu apa saja yang harus ditulis atau akan dituliskan dalam blog tersebut ? Pemilihan apa yang akan ditulis tergantung dari tema blog yang dibuat oleh Blogger. Sebagai contoh seorang mahasiswa jurusan Sistem Informasi berencana membuat sebuah blog. Dari hal tersebut dapat dilihat bahwa blog yang akan dibuat sebaiknya menyangkut kegiatannya sehari-hari atau yang ia gemari seperti bertemakan teknologi, mata kuliah tertentu, sharing tentang bangku perkuliahan maupun hal – hal menarik lainnya seputar kehidupan atau hanya sekedar berbagi informasi.

Berikut ini beberapa tema tulisan blog yang sering dipublikasikan :
  • Catatan harian atau apa saja yang ingin ditulis oleh Blogger.
  • Ide-ide, opini, dan pandangan tertentu.
  • Berita terkini dan ulasannya.
  • Tips dan trik misalnya seputar olahraga, keluarga, masak-memasak, komputer, otomotif, elektronik.
  • Artikel agama, hukum, seni musik, lirik lagu.
  • Pelajaran sekolah, kuliah, dan kursus.
  • Pengalaman pribadi yang berguna jika dibaca orang lain yang membaca blog tersebut.

APA SAJA MANFAAT MEMILIKI BLOG ?
Dalam membuat blog seorang Blogger akan mendapatkan banyak manfaat antara lain :
  • Sebagai catatan pengetahuan agar tidak hilang begitu saja karena lupa atau terselip.
  • Sebagai sarana untuk membandingkan pendapat atau pengetahuan di mata umum.
  • Latihan menulis dan menggunakan pendapat secara tertulis.
  • Personal branding.
  • Memanfaatkan blog sebagai bisnis untuk mencari uang.
  • Sarana belajar komputer.
  • Menambah sahabat dan teman di dunia maya.

APA SAJA YANG DIBUTUHKAN DALAM MEMBUAT BLOG ?

Pembuatan blog tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak. Bagi Anda pemula dalam dunia blog, anda dapat mencoba menggunakan beberapa platform penyedia blog gratis seperti blogspot, Wordpress, tumblr dan masih banyak lainnya atau jika anda berencana serius di dunia blog, anda dapat membeli hosting dan domain untuk meletakkan blog anda. Biaya yang dibutuhkanpun tidak terlalu mahal. Untuk domain .com dan hosting standar dalam setahun, anda cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp. 250.000 dengan spesifikasi standar.



Mengenal Aplikasi Blog - Blogger

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com.

Untuk jenis blog ini saya sendiri sudah lama menggunakannya dan sudah memberikan penghasilan tambahan (menggunakan Adsense Google).  Anda bisa memaksimalkan blog model ini supaya lebih mudah ditemukan oleh pencari informasi dan menghasilkan lebih banyak penghasilan tambahan dengan menggunakan template premium.


Mengenal Aplikasi Blog - WordPress

Wordpress diciptakan oleh Matt Mulenweg dan Mike Little pada tahun 2003, dan tahun 2004 kedua programmer itu berhasil merilis WordPress versi 1.0 dan mulai menjadi CMS paling populer di seluruh dunia.

WordPress bersifat open source dan bisa digunakan gratis dengan plugin yang beragam untuk menambah tampilan blog kita lebih baik.


Mengenal Aplikasi Blog WiX

WiX sebenarnya merupakan aplikasi untuk membuat website atau istilah lainnya website builder dan tentunya juga bisa digunakan untuk membuat blog, tersedia banyak kemudahan fungsi dan alat pendukung membuat website dan template untuk memudahkan dalam membuat website atau blog kita sendiri.


Mengenal Aplikasi Blog Site123

Site123 adalah aplikasi online untuk membuat website atau website builder yang dilengkapi alat dan banyak pilihan tampilan siap pakai untuk kemudahan membuat website termasuk membuat blog.


Mengenal Aplikasi Blog telegra.ph

Telegra.ph merupakan blog yang dibuat oleh aplikasi sosial media Telegram yang disediakan untuk melengkapi jika diperlukan tulisan untuk mendukung informasi yang disampaikan di Telegram.





Lanjutkan dengan Membuat Blog